Coban Talun adalah salah satu tujuan wisata di kota wisata Batu, Malang. Posisinya hanya sekitar 3 km dari Selecta, tujuan wisata yang lebih dulu populer. Menuju Coban Talun mudah dijangkau, dengan berkendaraan dari kota Batu hanya sekitar 10 menit. Coban Talun berlokasi di Desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, Kota Batu, pada koordinat -7.800929, 112.516631, pada ketinggian 1300 m.

Coban Talun

Coban Talun itu sendiri adalah air terjun dengan pemandangan alam yang sebenarnya masih sangat alami. Anda bisa mencapai air terjun itu dengan melakukan trekking dan melewati Hutan Pinus di Malang yang sangat rindang. Tentunya pemandangan yang akan dilewati saat trekking sangat menarik. Perjalanan menuju air terjun bisa ditempuh selama kurang lebih 30 menit. Sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman untuk dipakai berjalan di jalan setapak, karena memang akses ke air terjun masih sangat alami dari hutan pinus itu sendiri.

Fasilitas Wisata Coban Talun

Jika Anda berkunjung ke Wisata Coban Talun beberapa tahun yang lalu, maka mungkin fasilitas yang ada masih sangat sederhana, yaitu camping ground di bawah hutan pinus, toilet, mushola, dan air terjun. Namun jika Anda berkunjung saat ini, ada banyak fasilitas yang ada di sana. Berikut beberapa fasilitas Coban Talun.

  • Kebun Bunga

Kebun bunga di kawasan Coban Talun ini menyimpan berbagai jenis bunga yang menarik dan juga indah. Tentunya kebun bunga ini menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Bahkan foto prewedding juga bisa dilakukan di taman bunga ini.

Taman Bunga Coban Talun

Wisatawan juga bisa melihat bunga sebagai edukasi mengenai jenis-jenis bunga dan warna warni bunga. Banyak wisatawan yang tertarik untuk foto dengan latar belakang bunga yang indah.

  • Apache Camp Coban Talun

Apache Camp adalah wahana seperti kampung Indian yang terinspirasi dari suku Apache. Area ini merupakan sebuah kawasan yang bisa menawarkan pernak-pernik khas suku Indian dan rumah-rumah suku Indian.

Di antaranya ada kurang lebih 20 Apache Camp yang ukurannya kurang lebih 4 x 4 meter. Wisatawan bisa menyewanya untuk keperluan penginapan. Tentunya dengan kapasitas tertentu dan harga tertentu.

 

Rumah Apache

  • Pagupon Camp

Ada satu lagi wahana baru di Coban Talun, yaitu Pagupon Camp. Pagupon adalah nama lain dari sangkar burung merpati. Seperti namanya, ada beberapa rumah pagupon yang disewakan sebagai penginapan.

Ukuran Pagupon Camp itu sendiri adalah kruang lebih 4 x 3 meter. saat ini ada 5 rumah Pagupon yang bisa disewa untuk alternatif penginapan selain Apache Camp.

  • Sewa ATV

Bagi Anda yang ingin menikmati keseruan wisata di sana, bisa juga dengan menyewa motor trail alias ATV. Anda bisa berkeliling dengan ATV, tentunya dengan membayar sejumlah retribusi harga.

  • Cafe

Ada sebuah cafe yang letaknya tidak jauh dari Apache Camp yang mewadahi kebutuhan wisatawan yang ingin sekadar nongkrong, membeli minuman, atau membeli makanan saat lelah berjalan-jalan.

  • Toko Souvenir

Di Apache Camp selain ada cafe juga ada toko souvenir. Toko souvenir ini menjual benda-benda khusus khas suku Indian. Jika Anda tertarik, bisa membeli beberapa benda di sana, seperti baju, atau aksesoris lainnya. Harganya juga tidak begitu mahal.

 

Harga Tiket Masuk Wisata Coban Talun

  • Harga Tiket Masuk wisata Rp 10.000 per orang.
  • Biaya parkir Rp 5.000.
  • Harga Tiket Masuk Rp 5.000 per orang.
  • Penginapan Rp 500.000 per malam dengan fasilitas yang lengkap.
  • Harga Tiket masuk Taman Bunga Rp 5.000 per orang.
  • Harga Tiket masuk Pagupon Camp Rp 5.000 per orang.

Segarnya Air Terjun Coban Rais