Museum Angkut

Bagi masyarakat, Malang adalah salah satu tujuan wisata yang menjadi favorit karena kondisi alamnya yang sejuk khas daerah pegunungan. Jika pada zaman dulu Malang terkenal sebagai tempat wisata agro dan wisata alam. Sekarang ini tempat wisata di Malang telah berkembang dan bertambah dengan banyak tujuan wisata modern. Museum Angkut adalah salah satu tempat wisata modern yang ada di Malang dengan luas 3,8 hektar di lereng gunung Panderman. Bertempat di jalan Terusan Sultan Agung Atas no.2, Desa Ngaglik, Kecamatan Batu, Malang.

Museum Angkut Malang

Museum ini belum ada tandingannya karena memiliki beragam koleksi sarana transportasi yang lengkap dari seluruh dunia. Sebagian koleksi di museum ini bahkan berupa mobil dan motor yang sangat langka. Museum ini menjadi salah satu objek wisata pertama di Indonesia bahkan Asia yang mempunyai koleksi lebih dari 300 unit mobil antik, kuno dan modern. Baik yang sudah dijalankan dengan mesin dan yang belum memiliki mesin. Konon jutaan orang telah mengunjungi museum yang menjadi kebanggaan Indonesia di kancah internasional ini setiap musim liburan.

Museum angkut yang berdiri pada 9 Maret 2014 dibangun dan dikelola oleh Jawa Timur Park Group yang sebelumnya telah membangun Batu Secret Zoo, Jatim Park I dan II, juga Batu Night Spectacular, Eco Green Park dan Museum Satwa. Tujuan pembangunan museum ini adalah untuk menyediakan informasi mengenai sejarah kendaraan di dunia. Pengunjung dapat mengenali dan menghargai sejarah masa lalu serta memetik pelajaran darinya. Pengunjung yang datang dapat berekreasi sekaligus mendapatkan pengetahuan mengenai berbagai jenis kendaraan angkutan yang ada di seluruh dunia.

Pembangunan Museum Angkut

Tidak hanya bisa melihat koleksi berbagai alat transportasi dari seluruh dunia, namun pengunjung juga dapat melihat berbagai replika bangunan landmark yang khas dari berbagai negara yang menjadi latar belakang dari display kendaraan yang diproduksi suatu negara tersebut. Museum angkut terbagi menjadi beberapa zona, yaitu:

Koleksi Mobil Tua Museum Angkut

Zona Hall Utama

Ruangan ini adalah ruangan pertama yang anda kunjungi di museum angkut batu. Di tempat ini terdapat berbagai koleksi mobil dari berbagai negara dan waktu yang didukung dengan lampu-lampu eksotis sehingga menimbulkan kesan elegan. Sungguh unik dan anda pasti terkesan dan kagum dengan koleksi terbaik di tempat ini khususnya daerah malang.

Zona Eropa Museum Angkut

Zona Eropa

Disini anda akan diperlihatkan koleksi mobil angkutan transportasi negara-negara eropa seperti negara: Belanda, Perancis, Italia, Jerman dan Inggris. Di sini dikemas dengan begitu indah disajikan dengan nuansa malam, koleksi di sini hanya terdapat sebuah mobil angkutan saja.

Zona Edukasi

Wisata pendidikan di zona seluas 900 meter ini berisi tentang sejarah berbagai angkutan transportasi dari waktu ke waktu baik di Indonesia maupun di dunia. Temukan cara baru belajar tentang alat angkut di museum ini dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Zona Sunda Kelapa dan Batavia

disini anda akan merasakan ditarik kembali ke suasana kota Jakarta tempo dulu saat menjadi pelabuhan terkenal di jaman Batavia. Temukan nuansa tempo dulu, tiruan menara Syahbandar dan berbagai jenis mobil dan angkutan transportasi kala itu akan serasa kembali ke jaman dulu.

Zona Istana Buckingham

Negara Inggris sebagai kerajaan tersohor di dunia dan terbukti menghasilkan berbagai transportasi berkelas seperti: Blackburn, Triumph, Matchless, Royal Enfield, serta jenis mobil lainnya. Semuanya itu dihadirkan di Museum Angkut, serta ada juga mobil Land Rover yang pernah digunakan oleh Ratu Elizabeth saat parade di Australia. Zona istana ini sangatlah menarik untuk dilihat.

Zona Las Vegas

Nuansa Amerika yang akan mewarnai malam anda dengan gerbang Las Vegas dan berbagai jenis mobil yang melintas. Suasana seru yang menarik ini juga tersedia di kawasan museum ini. Disini, terdapat miniatur Kota Las Vegas juga pameran beberapa replika kendaraan yang dipakai untuk shooting di Hollywood. Kendaraan tersebut seperti mobil yang dipakai Batman, bahkan kendaraan yang dipakai di film fast furious.

Zona Hollywood

Disini Anda akan menemukan berbagai alat angkut yang digunakan dalam film Hollywood yang sering disebut sebagai mobil konsep. Sehingga, pada zona ini pengunjung menjadi tertarik ketika melihat.

Zona Pasar Apung

Berbagai souvenir Museum Angkut, serta makanan khas tradisional turut meramaikan suasana pasar dan nuansa pasar apung seperti di kampung air Margasari di kota Balikpapan. Berbagai kerajinan dan lukisan gaya seniman wilayah Batu seperti seni batik, ukir, karikatur, dan lain-lain. Dapat dipelajari, sekaligus dapat berinteraksi langsung dengan seniman dan membawa hasil karya seni yang anda pelajari di sini untuk edukasi.