Coban Rais terletak di dusun Dresel, desa Oro oro Ombo, Batu. Coban Rais memiliki tinggi 20 Meter dan terletak di ketinggian sekitar 1025 mdpl di lereng Gunung Panderman. Dulunya, coban Rais terkenal dengan nama Coban Sabrangan karena harus menyebrangi 14 sungai saat harus mencapai air terjun ini.

Air Terjun Coban Rais

Perjalanan menuju ke Coban Rais begitu asri dengan suasana khas pegunungan yang masih dingin dan sejuk. Jarak dari bumi perkemahan sekitar 3,5 Km berjalan kaki. Suasannya sekitar air terjun masih sepi dan belum ada perumahan. Pada beberapa meter perjalanan, jalan yang di tempuh akan semakin menyempit dan menanjak, bahkan di beberap area berbatasan langsung dengan tebing yang curam.

Daya Tarik Air Terjun Coban Rais

Air Terjun Coban Rais sekarang begitu ramai diperbincangkan banyak orang di dunia maya karena ada spot-spot foto terbaru yang melengkapi fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Spot-spot tersebut antara lain Bukit Bulu yang di situ terdapat spot foto Gardu I LOVE U, spot lain yang tidak kalah seru ada ayunan, bukit bunga, rumah pohon, kaki langit, dan juga hammock.

Bukit I Love U

Bukit Bulu Batu Flower Garden

Wisata yang mulai hits di tahun 2016 bulan Desember ini semakin ramai pengunjung karena adanya spot baru yaitu Bukit Bulu Batu Flower Garden yang memang dihadirkan untuk para pecinta foto selfie kekinian dan menjadi daya tarik tersendiri.

Batu Flower Garden

Sebelum dikenal oleh khalayak ramai dengan nama Coban Rais. Kawasan ini lebih dahulu dikenal oleh para warga dengan nama Coban Sabrangan. Nama ini diberikan karena menuju ke kawasan ini harus menyeberang sungai terlebih dahulu. Dalam bahasa jawa, sabrangan berarti menyeberang.

Rumah Hobbit

Setelah puas merasakan lelah dan berjuang tanpa kenal rasa lelah. Saatnya sobat native menikmati suasana yang ada. Selain air terjun, kawasan Coban Rais juga menghadirkan beberapa spot menarik. Spot ini bisa dimanfaatkan untuk selfi dan juga wefie. Salah satunya adalah rumah hobbit.

Rumah Hobbit

Mungkin film hobbit memang sudah berakhir. Tetapi, pesonanya tetap menjadi idaman bagi sebagian sobat native. Disini, hadir rumah hobbit yang sangat menarik. Pas sekali digunakan sebagai tempat untuk bergaya dan berpose di depan kamera. Uniknya rumah hobbit ini adalah berada di kawasan yang memiliki tingkat kemiringan yang cukup.

Akses Menuju Air Terjun Coban Rais

Perjalanan menuju ke coban memang sangat menantang. Bila sobat sudah pernah mendaki gunung, maka sobat bisa membayangkan track yang akan dilalui menuju ke tempat ini. Jalan setapak, jalan yang sempit, naik batu, melewati jembatan besi, melewati sungai adalah cara yang wajib menuju ke kawasan ini.

Total Jarak yang harus ditempuh adalah 7 km. dengan waktu tempuh beragam mulai dari 15 menit sampai dengan 30 menit. Bagi sobat native yang memang mencintai petualangan bisa mencoba berjalan hingga ke lokasi air terjun. Tetapi, bagi yang tidak suka akan keringat, maka lebih baik untuk tetap menikmati wahana yang lain saja.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Rais

Harga tiket masuk wisata Coban Rais biasa hanya menikmati air terjun sebesar Rp. 10.000,00 ditambah biaya parker Rp.10.000,00 untuk mobil dan Rp.5.000,00 bagi kendaraan roda 2, Bagi yang ingin menikmati Batu Flower Garden dikenakan biaya sebesar Rp.25.000,00. Nah, apabila anda membawa kamera action maka akan dikenakan biaya Rp.10.000,00. Untuk kamera DSLR akan dikenakan biaya Rp.20.000,00 dan drone dikenakan biaya sebesar Rp.75.000,00

Tetapi, ada fasilitas tambahan yang disediakan oleh pihak pengelola. Dimana, sobat akan mendapatkan akses gratis untuk bunga utama disini. Karena, jika tidak membayar kameranya di spot utama bunga wisatawan harus membayar uang sebesar 10 ribu rupiah.

Menawannya Air Terjun Coban Talun